Celebrity

Rabu, 26 September 2012

Mengenang Tragedi Garuda Indonesia Penerbangan 152


Tepat 15 tahun silam, 26 september 1997, Garuda Indonesia Penerbangan GA 152 adalah sebuah pesawat Airbus A300-B4 yang jatuh di Desa Buah Nabar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia (sekitar 32 km dari bandara dan 45 km dari kota Medan) saat hendak mendarat di Bandara Polonia Medan pada 26 September 1997. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 222 orang dan 12 awak dan hingga kini merupakan kecelakaan pesawat terbesar dalam sejarah Indonesia. Kecelakaan ini berjenis CFIT (Controlled flight into terrain; bahasa Indonesia: Penerbangan Terkendali Menuju Daratan) dimana sebuah pesawat yang laik terbang dan memiliki kru yang terlatih tanpa sengaja jatuh ke tanah, pegunungan, atau perairan). Pilot umumnya tidak menyadari bahaya di depan hingga semuanya terlambat.


Kecelakaan ini terjadi saat penerbangan GA-152 akan mendarat di Bandara Polonia dengan rute perjalanan Jakarta menuju Medan. Kecelakaan ini disebutkan berjenis CFIT (Controlled flight into terrain) atau (Penerbangan Terkendali Menuju Daratan) dimana sebuah pesawat yang layak terbang dan memiliki kru yang terlatih tanpa sengaja jatuh ke tanah, pegunungan, atau perairan). Pilot umumnya tidak menyadari bahaya di depan hingga semuanya terlambat.

Salah satu penyebab kecelakaan penerbangan GA-152 disinyalir karena pada saat itu Medan sedang diselimuti asap tebal, sehingga mengganggu jarak pandang pilot, namun dari potongan percakapan yang terekam dalam blackbox ATC Bandara Polonia sepertinya tidak sepenuhnya bekerja dengan baik karena menyebutkan Merpati 152. Ini tentunya menjadi salah satu kesalahan dalam komunikasi oleh Pilot pesawat dengan menara penghubung bandara atau ATC.


Ketebalan asap yang menyelimut kota Medan saat itu meyebabkan jarak pandang Pilot sangat terbatas, sehingga hanya mengandalkan kendali kontrol dari menara penghubung ATC namun dengan adanya kesalahapahaman komunikasi menyebabkan Garuda Indonesia penerbangan GA-152 menjadi salah arah dan menabrak tebing gunung.


Dari seluruh korban yang meninggal dalam kecelakaan tersebut, ada 44 jasad korban yang tidak bisa dikenali yang selanjutnya dimakamkan di Monumen Membramo, Medan. Di antara korban jiwa, selain warga Indonesia, tercatat pula penumpang berkewarganegaraan Amerika Serikat, Belanda dan Jepang.

Semoga kedepannya penerbangan udara baik di negara kita maupun di negara luar tidak lagi mengalami kecelakaan yang tragis seperti ini. (dari berbagai sumber)

In Memoriam Garuda Indonesia Penerbangan GA-152, semoga amal ibadah para penumpang dan awak pesawat diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Airbus A300

1 komentar:

  1. ASSALAMU,ALAIKUM NAMA SAYA PAK EKO ASAL MAJALENKA TAPI KERJA DI MALEYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yang jelasnya inilah kenyataan nya…
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa karna ada hutang yang harus saya bayar di bos yaitu 275 juta untuk uang indo namun,saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama AKI SOLEH PATY di Nomor Telpon (085_244_669_169) di jamin bantuan beliau 100% …
    INILAH JENIS PESUGIHAN BANTUAN DARI AKI SOLEH PATY
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL 2D-3D-4D-5D-6D
    3.DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan saya di MALEYSIA semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan Hubungi AKI SOLEH PATY di nomor (085-244-669-169 atau klik-> PESUGIHAN CEPAT KAYA TAMPA TUMBAL Anda tidak usah ragu atau hal semacamnya sebab saya dan yang lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi atas bantuan nya aki wassalam.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...