Celebrity

Selasa, 26 Januari 2010

Profil Burj Khalifah


Burj Khalifa ( bahasa Arab : برج خليفة " Khalifa Tower "), dikenal sebagai Burj Dubai sebelum pelantikan, merupakan sebuah pencakar langit di Dubai , Uni Emirat Arab , dan struktur buatan manusia tertinggi yang pernah dibuat, pada 828 m ( 2717 ft). Konstruksi dimulai pada tanggal 21 September 2004, dengan bagian luar struktur diselesaikan pada tanggal 1 Oktober 2009. Bangunan ini resmi dibuka pada tanggal 4 2010, Januari  dan merupakan bagian dari km 2 baru 2 (490-acre) pengembangan utama disebut Downtown Dubai di 'Interchange Pertama' di sepanjang Sheikh Zayed Road utama distrik bisnis Dubai dekat, . 


Arsitektur dan teknik menara dilakukan oleh Skidmore, Owings, dan Merrill Chicago, dengan Adrian Smith (sekarang memiliki perusahaan sendiri) sebagai arsitek kepala, dan Bill Baker sebagai insinyur struktur utama. Kontraktor utama adalah Samsung C & T dari Korea Selatan . 

Total biaya proyek ini sekitar US $ 1.500.000.000, dan keseluruhan  "pembangunan" untuk Downtown Dubai adalah US $ 20 miliar. Pada bulan Maret 2009, Mohamed Ali Alabbar , ketua dari proyek pengembang, Emaar Properties mengatakan harga sebuah  ruang kantor  di Burj Khalifa mencapai US $ 4.000 per sq ft (lebih dari US $ 43.000 per m 2 ) dan Residences Armani $ 3,500 per sq ft (lebih dari US $ 37.500 per m 2), di Burj Khalifa, juga dijual dengan harga mata uang US $. 

Penyelesaian proyek itu bertepatan dengan  krisis global keuangan tahun 2007-2010 , yang menyebabkan  “overbuilding” di negara tersebut, dan menyebabkan kekosongan yang sangat tinggi dan beberapa penyitaan aset. Dengan Dubai yang terperosok dalam utang dari ambisi yang besar, pemerintah terpaksa mencari pinjaman dana talangan multi- miliar dolar dari tetangganya yang kaya minyak yaitu Abu Dhabi . Selanjutnya, dalam sebuah langkah mengejutkan pada acara pembukaan tersebut, menara ini berganti nama Burj Khalifa, mengatakan untuk menghormati Presiden UEA, Khalifa bin Zayed Al Nahyan untuk dukungan yang sangat penting itu.

Karena permintaan merosot di pasar properti Dubai, harga sewa di Khalifa Burj anjlok 40% beberapa bulan setelah pembukaannya. Dari 900 apartemen di menara sekitar 825 masih kosong pada waktu itu.

Konsep



Burj Khalifa telah dirancang untuk menjadi pusat dari skala, campuran pengembangan penggunaan besar yang akan mencakup 30.000 rumah, sembilan hotel seperti The Address Downtown Dubai , 3 hektar (7,4 hektar ) taman, setidaknya 19 menara residensial, Dubai Mall , dan 12-hektar (30-acre) Danau buatan manusia di Burj Khalifh.

Bangunan ini telah menjadi struktur bangunan tertinggi di kawasan timur tengah dan bahkan di dunia,  dimana Piramida Agung Giza selama ini mengklaim prestasi hampir empat ribu tahun sebelum dilampaui di tahun 1311 M oleh Katedral Lincoln di Inggris. 

Keputusan untuk membangun Burj Khalifa dilaporkan berdasarkan keputusan pemerintah untuk diversifikasi dari ekonomi berbasis minyak ke salah satu layanan yang berorientasi pariwisata. Menurut para pejabat, perlu untuk membangun proyek-proyek seperti Burj Khalifa yang akan dibangun di kota untuk mengumpulkan lebih pengakuan internasional, dan untuk investasi. "Dia (Sheikh Mohammed bin Rasyid Al Maktoum ) ingin menempatkan Dubai di peta dunia  dengan sesuatu yang sangat sensasional, "kata Jacqui Josephson, delegasi eksekutif pariwisata  VIP di Nakheel Properties.

Tinggi


Catatan Rekor
  • Pencakar langit tertinggi di atas puncak menara adalah : 828 m (2717 ft) (yang sebelumnya dimiliki Taipei 101 dengan ketinggian 509,2 m / 1671 ft
  • Struktur tertinggi yang pernah dibuat: 828 m (2717 ft) (sebelumnya radio mast Warsawa - 646,38 m / 2121 ft)
  • Struktur sambungan Tertinggi: 828 m (2717 ft) (sebelumnya KVLY-TV tiang - 628,8 m / 2063 ft)
  • Struktur berdiri bebas tertinggi: 828 m (2717 ft) (sebelumnya CN Tower - 553,3 m / 1815 ft)
  • Gedung dengan lantai paling banyak : 160 lantai (sebelumnya Willis Tower - 108 lantai)
  • Gedung dengan lantai terisi yang tertinggi di dunia dengan jumlah lantai sebanyak 160 lantai
  • Lift tertinggi Dunia instalasi, terletak di dalam batang tengah di bagian paling atas bangunan.
  • Lift tercepat di dunia dengan kecepatan 64 km / h (40 mph) atau 18 m / s (59 ft / s) (sebelumnya Taipei 101-16,83 m / s)
  • Pompa Beton Vertikal Tertinggi (untuk gedung): 606 m (1988 ft) (sebelumnya Taipei 101-449,2 m / 1.474 ft)
  • Yang pertama di dalam sejarah dimana gedung pencakar langit memasukkan ruang hunian
  • Dek Observasi di luar ruangan Tertinggi di dunia dengan ketinggian  (lantai 124) pada 452 m (1.483 kaki)
  • Masjid Tertinggi di dunia (yang terletak di lantai 158)
  • Tertinggi di dunia dalam hal Pemasangan aluminium dan kaca façade, pada ketinggian 512 m (1.680 kaki)
  • Kolam Renang Tertinggi di dunia terletak di (lantai 76)
  • Klub malam tertinggi di dunia (lantai 144).

Sejarah meningkat tinggi

Burj Khalifa dibandingkan dengan beberapa struktur lain tinggi yang terkenal 


Ada laporan yang belum dikonfirmasi dari beberapa kenaikan tinggi direncanakan sejak awal. Awalnya menara ini diusulkan sebagai virtual clone yang memiliki ketinggian 560 m (1837 ft) Proposal Menara Grollo untuk Melbourne , Australia, dalam proyek pengembangan pantai Docklands , yang kemudian menara ini didesain ulang oleh Skidmore, Owings and Merrill (SOM). Marshall Strabala , seorang arsitek SOM yang bekerja pada proyek bangunan ini sampai 2006, dan akhir tahun 2008 mengatakan bahwa Burj Khalifa ini dirancang untuk dibangun dengan ketinggian menjadi 808 m (2.651 kaki). 

Arsitek yang mendesain bangunan ini, Adrian Smith, merasa bahwa bagian paling atas bangunan tidak berujung elegan dengan sisa struktur, sehingga ia mencari solusi untuk merubahnya dan menerima persetujuan untuk meningkatkannya dengan ketinggian saat ini. Yang telah secara eksplisit menyatakan bahwa perubahan ini tidak mencakup menambahkan lantai, yang pas dengan upaya Smith's membuat lebih ramping mahkota itu.

Penundaan

Emaar Properties mengumumkan pada tanggal 9 Juni 2008 bahwa pembangunan Burj Khalifa tertunda oleh beberapa perubahan dalam segi desain dan akan selesai pada bulan September 2009. Seorang juru bicara Emaar mengatakan keterlambatan dikarenakan desain dengan "sentuhan kemewahan yang diputuskan pada tahun 2004, ketika menara awalnya dikonseptualisasikan , Desain apartemen juga telah ditingkatkan untuk membuat mereka lebih menarik dan fungsional sesuai dengan estetis yang paling unggul "  Sebuah tanggal penyelesaian telah direvisi menjadi 2 Desember 2009. Namun, Burj Khalifa dibuka pada tanggal 4 Januari 2010.

Arsitektur dan Desain

 

Menara ini dirancang oleh Skidmore, Owings and Merrill, yang juga merancang Tower Willis (dahulu Menara Sears) di Chicago, Illinois dan  One World Trade Center yang baru di New York City , di antara banyak gedung pencakar langit lainnya yang terkenal yang telah di desain. Bangunan menyerupai paket tabung bentuk Menara Willis, tapi bukan merupakan struktur tabung paket. Desainnya  adalah mengingatkan visi Frank Lloyd Wright untuk gedung di Illinois , sebuah pencakar langit tinggi yang  dirancang untuk Chicago. 

Menurut Marshall Strabala, seorang arsitek yang bekerja pada SOM's tim desain bangunan ini , Burj Khalifa dirancang didasarkan pada tiga menara yang berlantai , dan semua bangunan perumahan yang ada di Seoul , Korea Selatan. Dalam perencanaan awal, Burj Khalifa ini dimaksudkan untuk menjadikan keseluruhnya sebagai Hunian untuk kediaman (Apartment).

Setelah desain asli oleh Skidmore, Owings and Merrill, Emaar Properties memilih Hyder Consulting untuk menjadi insinyur pengawasan. Hyder dipilih untuk keahliannya dalam struktur dan MEP (mekanik, listrik dan pipa) teknik. Hyder Consulting perannya adalah untuk mengawasi konstruksi, sertifikasi's desain SOM, dan menjadi insinyur dan arsitek merekam dan melaporkan ke pihak berwenang UAE. Emaar Properties juga melibatkan  GHD , sebuah perusahaan konsultan multidisiplin internasional, untuk bertindak sebagai verifikasi independen dan kewenangan pengujian untuk beton dan Besi. 

Desain Burj Khalifa berasal dari pola sistem yang diwujudkan kedalam arsitektur Islam. Menurut insinyur struktur, Bill Baker dari SOM, desain bangunan menggabungkan unsur budaya dan sejarah tertentu ke wilayah tersebut. Rencana ini berbentuk Y adalah ideal untuk penggunaan perumahan dan hotel, dengan sayap yang memungkinkan pandangan luar secara maksimum dan cahaya alami yang masuk ke dalam. Arsitek desain, Adrian Smith, mengatakan jejak tiga bangunan diilhami oleh bunga Hymenocallis . Menara ini terdiri dari tiga unsur yang diatur mengelilingi inti pusat. Sebagai menara tinggi yang berdiri diatas dari dasar gurun datar, kemunduran terjadi pada setiap elemen dalam pola sulur, mengurangi sebagian penampang menara untuk dapat mencapai ke langit. Di bagian atas, inti pusat muncul sebuah patung untuk membentuk sebuah puncak menara. Sebuah lantai berbentuk rencana-Y memaksimalkan pemandangan ke Teluk Persia. Dilihat dari atas atau dari dasar, bentuk juga membangkitkan bawang kubah arsitektur Islam. Selama proses desain, insinyur bangunan diputar 120 derajat dari layout aslinya untuk mengurangi stres dari angin yang berlalu. Pada titik tertinggi, menara ini bergoyang sebanyak 1,5 m (4,9 ft). 

Untuk mendukung ketinggian bangunan yang belum pernah terjadi sebelumnya, para insinyur mengembangkan sistem struktur baru yang disebut inti ditopang, yang terdiri dari inti heksagonal diperkuat oleh tiga penopang yang membentuk bentuk 'Y'. Hal ini memungkinkan sistem struktur bangunan untuk mendukung dirinya sendiri secara lateral dan menyimpannya dari memutar. 

Puncak menara Burj Khalifa terdiri dari lebih dari 4.000 ton (4.400 ST; 3.900 LT) baja struktural. Pipa puncak pusat dengan berat 350 ton (390 ST, 340 LT) dibangun dari dalam gedung dan mendongkrak ke ketinggian penuh lebih dari 200 m (660 kaki) menggunakan jack untai sistem. Puncak menara tersebut juga rumah-rumah peralatan komunikasi.


Lebih dari 1.000 karya seni akan menghiasi interior Burj Khalifa, sedangkan hunian lobi Burj Khalifa akan menampilkan karya Jaume Plensa , menampilkan 196 perunggu dan kuningan cymbal paduan mewakili 196 negara di dunia. Para pengunjung di lobi ini akan mampu mendengar timbre yang berbeda sebagai simbol, disepuh dengan emas 18-karat, yang dipukul oleh air menetes, dimaksudkan untuk meniru suara air jatuh pada daun. 

Desain luar Burj Khalifa terdiri dari 142.000 m 2 (1.528.000 sq ft) dari reflektif kaca , dan aluminium dan bertekstur stainless steel gerbang panel dengan sirip berbentuk pipa vertikal. Sistem cladding dirancang untuk menahan suhu yang ekstrem di Dubai pada saat musim panas. Selain itu, suhu eksterior di bagian atas bangunan mencapai suhu 6 ° C (11 ° F) lebih dingin dibandingkan pada bagian dasarnya. Lebih dari 26.000 panel kaca yang digunakan dalam desai luar Burj Khalifa. Lebih dari 300 spesialis dari China dibawa untuk pekerjaan cladding pada menara. 

Sebuah kamar 304 di Hotel Armani , Hotel yang pertama dari empat hotel yang dirancang oleh Armani, menempati 15 dari 39 lantai bawah. Hotel ini seharusnya dibuka pada 18 Maret 2010 setelah beberapa kali penundaan, hotel akhirnya dibuka untuk umum pada tanggal 27 April 2010. Ruangan untuk kantor perusahaan juga seharusnya buka seterusnya pada bulan Maret, tetapi Hotel dan Dek Observasi adalah satu-satunya bagian dari bangunan yang terbuka untuk umum. 

The sky lobbies yang berada di lantai 43 dan 76 akan menjadi ruangan untuk kolam renang. Lantai sampai 108 akan memiliki 900 hunian pribadi apartemen (yang, menurut pengembang, terjual habis dalam waktu delapan jam berada di pasar). An outdoor zero-entry swimming pool will be located on the 76th floor of the tower. Kolam Renang Outdoor akan terletak di lantai 76 menara. Kantor-kantor perusahaan dan suite mengisi sebagian besar lantai yang tersisa, kecuali 122, 123 dan 124 lantai di mana restoran At.mosphere, sky lobby dan Dek Observasi baik outdoor maupun indoor terletak dimasing-masing lantai. Burj Khalifa akan menerima penghuni pertamanya mulai dari Februari 2010. Mereka di antara yang pertama dari 25.000 orang yang akan tinggal di sana. 

Burj Khalifa diharapkan dapat menampung hingga 35.000 orang pada satu waktu. Sebanyak 57 lift dan 8 eskalator dipasang. Lift memiliki kapasitas sebesar 12 sampai 14 orang per kabin, Kecepatan naik dan turun sampai dengan 18 m / s (59 ft / s). Para Engineers telah dianggap yang pertama didunia dalam menginstal triple dek lift, tapi rancangan akhir hanya memasang untuk dek lift ganda . Dek lift ganda dilengkapi dengan fitur hiburan seperti layar LCD untuk melayani pengunjung selama perjalanan mereka ke dek observasi. Bangunan ini memiliki 2909 anak tangga dari lantai dasar ke lantai 160. 

Pekerjaan identitas desain grafis untuk Burj Khalifa adalah tanggung jawab Brash Merek , yang berbasis di Dubai. Desain dapat dilihat pada saat peristiwa peluncuran global, komunikasi, dan visitors centers. Untuk Desain Burj Khalifa juga telah diciptakan oleh Brash Merek serta pameran roadshow untuk Armani Residences, yang merupakan bagian dari Hotel Armani di dalam Burj Khalifa, yang melakukan tur ke Milan , London, Jeddah, Moskow dan Delhi.


Sistem Persediaan Air

Burj Khalifa memiliki sistem untuk air bersih dengan pasokan rata-rata 946.000 l (250.000 USgal) air per hari.

At the peak cooling times, the tower requires cooling equivalent to that provided by 10,000 t (22,000,000 lb) of melting ice in one day. Pada waktu puncak, menara memerlukan pendinginan ruangan setara dengan yang disediakan oleh 10.000 t (£ 22.000.000) pencairan es dalam satu hari.. Bangunan itu memiliki sistem pengumpulan kondensat, yang menggunakan udara luar panas dan lembab, dikombinasikan dengan kebutuhan pendinginan bangunan dan hasil dalam jumlah signifikan kondensasi uap air dari udara. Air dikumpulkan dan dikeringkan ke dalam tangki yang terletak di tempat parkir bawah tanah, air ini kemudian dipompa ke dalam sistem irigasi bangunan untuk digunakan pada taman Khalifa Burj. 

Pemeliharaan


Untuk mencuci 24348 jendela, jalur horizontal telah terinstal di bagian luar Burj Khalifa di tingkat 40, 73 dan 109. Setiap jalur memiliki mesin ember 1.500 kg (3.300 lb) yang bergerak horizontal dan kemudian vertikal menggunakan kabel berat. Di atas tingkat 109, sampai dengan tingkat 27 digunakan mesin tradisional dari davits . Bagian atas puncak menara itu, bagaimanapun, adalah dicadangkan untuk pembersih jendela spesialis, yang berani ketinggian dan angin kencang menggantung dengan tali untuk membersihkan dan memeriksa bagian atas puncak itu. Dalam kondisi normal, ketika unit bangunan pemeliharaan semua akan operasional , butuh 36 pekerja, tiga sampai empat bulan untuk membersihkan seluruh fasad eksterior.

Mesin tak berawak akan membersihkan 27 tingkatan keatas dan puncak menara kaca. Sistem pembersihan dikembangkan di Melbourne, Australia dengan biaya sebesar A $ 8 juta.


Fitur

Air Mancur Dubai


Di bagian luar gedung, pembangunan air mancur menelan biaya sampai dengan Dh 800 juta (US $ 217 juta), dengan catatan pengaturan sistem air mancur telah dirancang oleh WET Design , di California. Perusahaan yang berbasis sebagai penanggung jawab atas air mancur Danau Bellagio Hotel di Las Vegas . Diterangi oleh 6.600 lampu dan 50 proyektor berwarna, dan panjangnya adalah 275 m (902 kaki) dan semburan  air sampai mencapai 150 m (490 kaki) ke udara, disertai dengan berbagai music klasik kontemporer ber bahasa Arab dan musik dunia. Pada tanggal 26 Oktober 2008 Emaar mengumumkan bahwa berdasarkan hasil kontes penamaan air mancur maka air mancur itu akan disebut Air Mancur Dubai.

Dek Observasi


Dek Outdoor  Observasi , bernama Di Atas, dibuka pada tanggal 5 Januari 2010 pada lantai 124. Ini adalah dek pengamatan tertinggi kedua di dunia dan dek pengamatan outdoor tertinggi di dunia, pada 452 m (1483 ft) . Dek observasi juga memiliki fitur Teleskop, sebuah perangkat di tambahkan dan dikembangkan oleh gsmprjct dari Montréal , yang memungkinkan pengunjung untuk melihat pemandangan sekitarnya secara real-time, dan untuk melihat gambar yang disimpan sebelumnya seperti yang diambil pada waktu yang berbeda hari atau di bawah kondisi cuaca yang berbeda. Untuk mengelola tempat ini yang sibuk akan para pengunjung, pengunjung dapat membeli tiket di muka untuk tanggal dan waktu tertentu dan ada diskon 75% dari tiket yang dibeli di tempat. 

Pada tanggal 8 Pebruari 2010, dek observasi tertutup untuk umum setelah masalah pasokan listrik yang  menyebabkan lift menjadi terjebak antara lantai, sekelompok wisatawan terperangkap selama 45 menit. Meskipun rumor itu tersebar luas Dek Observasi di buka kembali untuk umum pada saat   Valentines Day (14 February).

Taman Burj Khalifa

Burj Khalifa dikelilingi oleh taman seluas 11 ha (27-hektar), Taman yang dirancang oleh arsitek lansekap Grup SWA. Desain taman juga terinspirasi oleh konsep desain inti dari Burj Khalifa yang didasarkan pada simetri dari bunga gurun , Hymenocallis. Taman ini memiliki fitur enam air mancur , taman, berjajar jalan setapak kelapa sawit, dan pohon berbunga.Di tengah-tengah taman dan dasar Burj Khalifa adalah Kolam renang, yang merupakan serangkaian dari jet air mancur. Selain pagar, bangku dan tenda-tenda, Taman Burj Khalifa memiliki images seperti  bunga Hymenocallis.
 
Tumbuhan dan bunga-bunga akan disiram dengan larutan dari sistem air bangunan yang menggunakan air dari sistem pendingin. Sistem akan memberikan 68.000.000 L (15.000.000 imp gal) per tahun.  WET desainer , yang juga di mengembangkan Air Mancur Dubai

Rencana Lantai

Berikut ini adalah rincian dari lantai 
Lantai
Digunakan
160 dan di atas
Mechanical Mekanis
156-159
Komunikasi dan penyiaran
155
Mekanis
139-154
Corporate suite
136-138
Mekanis
125-135
Corporate suite
124
At the Top observatory  
123
Sky lobby
122
At.mosphere restaurant
111-121
Corporate suite
109-110
Mekanis
77-108
Residential
76
Sky lobby
73-75
Mekanis
44-72
Residential
43
Sky lobby
40-42
Mechanical
38-39
Armani Hotel suites  
19-37
Armani Residences
17-18
Mechanical
9-16
Armani Residences
1-8
Armani Hotel
Ground
Armani Hotel
Concourse
Armani Hotel
B1-B2
Parkir, mekanik

Konstruksi


Burj Khalifa dimulai dibangun pada bulan Maret 2004. Menara ini dibangun oleh perusahaan Korea Selatan, Samsung Engineering & Construction, yang juga melakukan pekerjaan pada Menara Kembar Petronas dan Taipei 101 . Menara dibangun oleh  Samsung Engineering & Construction dalam usaha patungan dengan Besix dari Belgia dan Arabtec dari UEA. Turner adalah Manajer Proyek pada kontrak konstruksi utama.

Menurut hukum UEA, Kontraktor dan Engineer, Hyder Consulting , adalah yang bertanggung jawab untuk pembangunan Burj Khalifa. 

Sistem struktur utama Burj Khalifa adalah beton bertulang. Lebih dari 45.000 m 3 (58.900 cu yd) dari beton, beratnya lebih dari 110.000 ton (120.000 ST ; 110.000 LT ) digunakan untuk membangun pondasi beton dan baja, yang memiliki 192 tiang, dengan tiang masing-masing berdiameter 1,5 meter x 43 meter panjangnya terkubur lebih dari 50 m (164 kaki) dalam. Konstruksi Burj Khalifa digunakan 330.000 m 3 (431.600 cu yd) dari beton dan 55.000 ton baja, dan seluruh konstruksi mengambil 22 juta jam kerja,  kepadatan tinggi , beton permeabilitas rendah digunakan dalam dasar-dasar konstruksi Burj Khalifa. Sebuah sistem proteksi katodik di bawah tanah digunakan untuk meminimalkan efek yang merugikan dari bahan kimia korosif dalam air tanah setempat. Pada bulan Mei 2008 beton dipompa keatas konstruksi ke ketinggian 606 m (1988 ft) sampai lantai 156 sehingga mencetak rekor dunia,. Struktur yang tersisa di atas dibangun dari baja ringan.

Burj Khalifa sangat terkompartementalisasi. Bertekanan, AC perlindungan-udara setiap lantai terletak kira-kira setiap 35 lantai dimana orang dapat berlindung untuk keselamatan pada saat  dalam keadaan darurat atau kebakaran. 


Khusus campuran beton yang dibuat untuk menahan tekanan ekstrim dari berat bangunan besar, seperti yang khas dengan konstruksi beton bertulang, setiap batch beton yang digunakan telah diuji untuk memastikan hal itu bisa menahan tekanan tertentu. 

Sulit untuk membuat beton yang dapat menahan baik ribuan ton bantalan di atasnya dan Teluk Persia memiliki suhu yang bisa mencapai 50 ° C (122 ° F). Untuk mengatasi masalah ini, beton tersebut tidak dituangkan di siang hari. Sebaliknya, selama bulan-bulan musim panas, es ditambahkan ke campuran dan itu dituangkan pada malam hari ketika udara dingin dan kelembaban yang lebih tinggi. Sebuah obat campuran beton dingin dimasukan secara merata di seluruh campuran beton dan karena itu kecil kemungkinannya untuk mengatur terlalu cepat terjadinya keretakan. Jika ada yang retak secara signifikan bisa menempatkan seluruh proyek dalam bahaya.

Uniknya, desain rekayasa bangunan Burj Khalifa telah ditampilkan dalam sejumlah televisi dokumenter , termasuk Big, Bigger, seri Terbesar di National Geographic dan Lima saluran, dan seri Builders Mega di Discovery Channel . 



Peristiwa Penting
  • Januari 2004: Penggalian dimulai.
  • Februari 2004: mulai Piling.
  • 21 September 2004: Kontraktor Emaar mulai konstruksi. 
  • Maret 2005: Struktur Burj Khalifa mulai naik. 
  • Juni 2006: Level 50 tercapai. 
  • Februari 2007: melampaui Menara Sears sebagai gedung dengan lantai paling banyak.
  • 13 Mei 2007: Mengatur catatan untuk  pemompaan beton secara vertical pada setiap bangunan di krtinggian 452 m (1483 ft), melampaui 449,2 m (1.474 kaki) yang beton dipompa selama pembangunan Taipei 101 , sedangkan pada saat itu Burj Khalifa baru mencapai 130 lantai.
  • 21 Juli 2007: melampaui Taipei 101, yang ketinggian 509,2 m (1.671 kaki) membuat bangunan tertinggi di dunia, dan mencapai tingkat 141 lantai.
  • 12 Agustus 2007: melampaui Antena Sears Tower, yang berdiri 527,3 m (1.730 kaki).
  • 12 September 2007: Di 555,3 m (1.822 kaki), menjadi dunia struktur berdiri bebas tertinggi di dunia, melebihi Menara CN di Toronto , dan mencapai tingkat 150 lantai.
  • 7 April 2008: Pada 629 m (2064 ft), melampaui KVLY-TV Mast menjadi struktur tertinggi buatan manusia, mencapai tingkat 160 lantai.
  • 17 Juni 2008: Emaar mengumumkan bahwa tinggi Burj Khalifa lebih dari 636 m (2087 ft) dan bahwa tinggi akhir tidak akan diberikan sampai selesai pada bulan September 2009.
  • 1 September 2008: Tinggi puncak 688 m (2257 ft), sehingga struktur buatan manusia tertinggi yang pernah dibuat, melampaui pemegang rekor sebelumnya-, di Warsawa Radio Mast di Konstantynów , Polandia .
  • 17 2009 Januari: Toping atap selesai pada ketinggian  di 828 m (2717 ft).
  • 1 Oktober 2009: Emaar mengumumkan bahwa eksterior bangunan selesai dibangun.
  • 4 Januari 2010: acara peluncuran resmi Burj Khalifa diadakan dan Burj Khalifa dibuka. Sebelumnya terjadi penggantian nama dari Burj Dubai menjadi  Burj Khalifa untuk menghormati Presiden saat ini UEA dan penguasa Abu Dhabi, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan .


Acara Peluncuran Resmi

Burj Khalifa dalam upacara pembukaan 


Pembukaan Burj Khalifa diadakan pada tanggal 4 Januari 2010. Upacara ini menampilkan layar 10.000 kembang api, lampu balok diproyeksikan pada dan di sekitar menara, dan suara, cahaya dan air efek lebih lanjut. Pencahayaan perayaan dirancang oleh desainer pencahayaan  dari Inggris Speirs dan Mayor. Menggunakan 868 kuat Stroboscope lampu yang diintegrasikan ke dalam fasad dan puncak menara menara, urutan koreografer pencahayaan yang berbeda, bersama dengan lebih dari 50 kombinasi yang berbeda dari efek lainnya. 

Acara dimulai dengan sebuah film pendek yang menggambarkan kisah Dubai dan evolusi Burj Khalifa. Diikuti dengan Menampilkan suara, air, cahaya dan kembang api. Bagian dari acara yang terdiri dari berbagai piroteknik, air pencahayaan dan efek suara dibagi menjadi tiga. Bagian pertama adalah terutama dan suara pertunjukan cahaya, yang mengambil sebagai tema hubungan antara bunga-bunga padang pasir dan menara baru, dan terkoordinasi dengan Fountain Dubai dan kembang api. Bagian kedua, disebut 'Heart Beat', mewakili pembangunan menara dalam sebuah pertunjukan cahaya yang dinamis dengan bantuan 300 proyektor yang menghasilkan gambar bayangan-seperti menara.  Dalam bagian yang  ketiga, kembang api dan meriam menyelimuti menara dalam lingkaran cahaya putih, yang diperluas sebagai rig pencahayaan di puncak menara tersebut diaktifkan. 

Upacara diteruskan pada layar raksasa di Pulau Burj Park, serta beberapa televisi layar lebar  ditempatkan di seluruh kota  Dubai. Ratusan media dari seluruh dunia melaporkan langsung dari tempat kejadian. Di samping kehadiran media, 6.000 tamu undangan datang untuk melihat pertunjukan pembukaan resmi Burj Khalifah.


Penerimaan

Penghargaan

Pada bulan Juni 2010, Burj Khalifa menerima penghargaan Gedung Tertinggi dan the 2010 Best Tall Building Middle East & Africa award oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat . Pada 28 September 2010 Burj Khalifa memenangkan penghargaan untuk proyek terbaik tahunan dari Middle East Architect Awards 2010.

The Council on Tall Buildings and Urban Habitat memberikan penghargaan tahunannya yang baru untuk Burj Khalifa sebagai “Best Tall Buildings Awards Ceremony” pada tanggal 25 Oktober 2010 ketika Burj Khalifa dihormati sebagai penerima pertama dari CTBUH's new Tall Building “Global Icon” Award. Menurut CTBUH's new Tall Building “Global Icon” Award mengakui penghargaan yang  pencakar langit yang sangat khusus yang membuat dampak yang mendalam, tidak hanya pada konteks lokal atau regional, tetapi pada genre gedung-gedung tinggi secara global. Yang sangat inovatif dalam perencanaan, perancangan dan pelaksanaan, bangunan harus telah mempengaruhi dan kembali berbentuk bidang arsitektur bangunan tinggi, teknik, dan perencanaan kota. Hal ini dimaksudkan bahwa penghargaan hanya akan diberikan secara berkala, bila layak oleh proyek luar biasa mungkin setiap sepuluh tahun atau lima belas tahun

CTBUH Awards Chair Gordon Gill, of Adrian Smith + Gordon Gill Architecture berkata:
"Ada diskusi antara anggota juri bahwa penghargaan ‘Best Tall Building of the Year’ tidak tepat untuk Burj Khalifah, karena kami berbicara tentang sebuah bangunan di sini yang telah mengubah lanskap dunia mengenai apa yang mungkin dalam arsitektur bangunan yang menjadikannya diakui secara International sebagai ikon, jauh bahkan sebelum gedung itu selesai. 'Building of the Century' adalah yang tepat untuk judul penghargaan terhadap gedung Burj Khalifah".
BASE jumping


Bangunan ini telah digunakan oleh beberapa orang berpengalaman yang tergabung dalam BASE jumper baik yang secara legal ataupun illegal:
  • Pada bulan Mei 2008, Hervé Le Gallou dan seorang pria Inggris yang tidak disebutkan namanya, berpakaian sebagai insinyur, secara  ilegal menyusup Burj Khalifa (sekitar 650 m pada saat itu), dan melompat dari balkon yang terletak beberapa lantai di bawah lantai 160.
  • Pada tanggal 8 Januari 2010, dengan izin dari pihak berwenang, Nasr Al Niyadi dan Omar Al Hegelan, dari Emirates Aviation Society, memecahkan rekor dunia untuk lompatan BASE tertinggi dari sebuah gedung setelah mereka melompat dari crane yang tergantung di platform yang melekat pada lantai 160 di 672 m (2205 ft). Kedua pria turun drop vertikal pada kecepatan hingga 220 km / h (140 mph), dengan waktu yang cukup untuk membuka parasut mereka 10 detik ke dalam kedua melompat 90.

Kontroversi Buruh (Pekerja Protes, 2006)

Pada tanggal 21 Maret 2006, sekitar 2.500 pekerja yang marah dikarenakan gaji yang tertunda untuk akhir pekerjaan  mereka, melakukan protes dengan  merusak mobil atas bus, kantor, komputer, dan peralatan konstruksi. Seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Dubai mengatakan para perusuh menyebabkan kerugian hampir UK £ 500.000 pada kerusakan. Sebagian besar pekerja yang terlibat dalam kerusuhan itu kembali pada hari berikutnya namun menolak untuk bekerja. Burj Khalifa dibangun terutama oleh pekerja dari Asia Selatan. Laporan yang ditunjukkan dalam 2006 yang terampil dalam bidang  tukang kayu di lokasi memperoleh gaji sebsar UK £ 4.34 per hari, dan buruh memperoleh Inggris £ 2,84. Pada tanggal 17 Juni 2008, terdapat 7.500 pekerja terampil yang dipekerjakan dalam pembangunan Burj Khalifa.

Menurut penyelidikan BBC dan Human Rights Watch laporan, para pekerja itu ditempatkan dalam kondisi yang membahyakan, gaji mereka sering dirahasiakan, paspor mereka disita oleh majikan mereka, dan mereka bekerja dalam kondisi berbahaya yang mengakibatkan tingginya angka kematian dan cedera di lokasi konstruksi. Karena cedera di tempat kerja dan kematian di UAE adalah sesuatu yang "Tidak boleh  didokumentasikan,". Selama pembangunan menara Burj Khalifa hanya satu-terkait kematian konstruksi dilaporkan.

3 komentar:

  1. burj khalifah is very good tower , miracle world!!! ok.... arab viva

    BalasHapus
  2. SUBHANALLAAH !!
    nice post !!
    nice shoot...
    awesomeee !!!

    BalasHapus
  3. nice post...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...